Pengertian Plastik Wrap, Ciri dan Fungsinya

Pernahkah anda mendengar istilah plastik wrap? apa itu plastik wrap? Benda ini memang tak sering kita dengar bahkan terkesan asing di telinga, padahal plastik tersebut kita sering lihat atau sering kita beli serta gunakan untuk kegiatan sehari-hari.


Pengertian Plastik Wrap, Ciri dan Fungsinya

Sering disebut plastik wrap atau wrapping, namun kalau bahasa sederhananya yaitu plastik tipis pembungkus parcel atau makanan. Nah plastik wrapping sendiri adalah jenis plastik film yang tipis, dengan ketebalan 0.010 sampai dengan 0.020 mikron. Baca juga: Pengertian Mikroplastik dan efeknya pada lingkungan

Untuk sekilas sejarah dari Plastik Wrapping ini, pada awalnya ditemukan secara tidak sengaja dari suatu percobaan laboratorium kimia pada tahun 1933, dimana tujuan dari percobaan itu adalah untuk membuat plastik berbahan keras yang dapat digunakan sebagai cover mobil.

Ternyata dari ujicoba tadi malah dihasilkan jenis plastik dengan karakteristik unik, sebagai berikut :

– transparan (tembus cahaya), transparan.
– tidak mudah sobek meskipun berbahan lemas, sehingga mudah dibentuk, serta elastis bisa ditarik dengan mudah.
– tahan akan asam untuk menghindari kotoran atau bakteri, jadi dapat melindungi sesuatu yang ditutupi plastik tersebut.
– kedap akan air, uap maupun minyak yang cukup panas, dan tidak mudah memuai.

Itulah hasil ujicoba yang tidak sengaja tadi, hingga akhirnya sekarang ini menjadi banyak kegunaan. Hal tersebut memberikan aura positif pada para ilmuwan, bahwasanya tidak ada kegagalan yang sia-sia. Unsur baru akan tercipta dan dapat digunakan untuk media lain yang membutuhkan. Baca juga: Macam-macam jenis plastik lengkap

Nah dari hasil ujicoba tadi, akhirnya para peneliti memakai bahan ini untuk digunakan pada makanan yang ditaruh ke frezeer maupun di microwave untuk menjaga aroma dan kelembaban makanan maupun sayuran supaya tetap segar/fresh dan hangat. 

Dahulu kala plastik wrapping ini dibuat dengan menggunakan bahan PVDC (Polyvinylidene chloride). Tapi ternyata, bahan ini sangat berbahaya untuk kesehatan manusia, terutama bila digunakan untuk membungkus makanan ya kawan. Oleh karena itu, bahan pembuatannya diganti menjadi bahan LDPE, (Low Density Poly Ethylene) sehingga lebih aman untuk pemakaian sehari-hari dalam rumah tangga maupun industri makanan, dan jenis serta bentuknya seperti yang kita lihat saat ini.

Nah akhirnya terciptalah pembungkus unik dari plastik wrapping, bahkan plastik wrap sering dipakai untuk untuk menambah penampilan/display produk makanan, sayuran-sayuran, kue-kue di rumah makan, restoran, supermarket maupun ditempat penjualan bakery, karena dapat menjaga kestabilan rasa, aroma maupun penampilannya.

Fungsi plastik wrap dalam kegiatan sehari-hari:

1. Menjaga Buah Tetap Segar
Agar buah tetap cantik dan kelembabannya terjaga, cukup tutupi dengan plastik wrap. Dengan cara ini,  buah akan tetap segar dan enak dalam waktu yang cukup lama.

2. Tutup Gelas
Tutup gelas yang telah berisi minuman dengan plastik wrap dan tusuk dengan sedotan untuk membuat  gelas anti tumpah. Kegunaan plastik wrapping ini sangat cocok saat Anda sedang berolahraga atau bila disuguhkan untuk anak-anak.

3. Menjaga Agar Buket Bunga Tetap Segar
Jika Anda membungkus pangkal batang bunga dengan tisu atau kain basah lalu melapisinya dengan plastik wrap, buket bungan Anda akan tetap segar lebih lama. Kegunaan plastik wrapping ini akan efektif saat buket bunga sedang dalam perjalanan sebelum dipindahkan ke pot bunga berisi air.

4. Membungkus Peralatan Rumah Tangga Saat Pindah Rumah
Daripada harus mengeluarkan seluruh isi laci atau lemari kecil ketika hendak pindah rumah, Anda cukup membungkusnya dengan plastik wrap. Dengan cara ini takkan ada perkakas yang berjatuhan.

5. Menjaga Roller Cat Tetap Lembab
Ketika Anda butuh instirahat setelah seharian mengecat rumah, Anda tak ingin roller cat mengering agar bisa digunakankembali keesokan harinya. Untuk mencegah roller kering, cukup bungkus roller dengan plastik wrap. Anda juga bisa melakukan hal yang sama untuk kuas.

6. Menjaga Cairan Shampo Tidak Tumpah
Banyak yang kuatir cairan sampo atau sabun cair yang mereka masukkan ke dalam tas akan tumpah. Cara mudah menghindarinya adalah dengan membuka tutup botol, lalu tutupkan leher botol dengan plastik wrap dan pasang kembali tutup botolnya. Cairan sampo Anda dijamin tak akan tumpah.

Demikian artikel Pengertian Plastik Wrap, Ciri dan Fungsinya semoga bisa bermanfaat.
Zein Sakti
Zein Sakti Orang yang mencari peruntungan di dunia blogging