Pengertian Hidroponik dan Manfaatnya Lengkap

Hidroponik Merupakan budidaya menanam dengan memanfaatkan air dan tidak menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah. Hidroponik menggunakan air yang lebih efisien, jadi cocok diterapkan pada daerah yang memiliki pasokan air yang terbatas.

Pengertian Hidroponik dan Manfaatnya Lengkap

Hidroponik (Inggris: hydroponic) berasal dari kata Yunani yaitu hydro yang berarti air dan ponos yang artinya daya. Hidroponik juga dikenal sebagai soilless culture atau budidaya tanaman tanpa tanah. Jadi hidroponik berarti budidaya tanaman yang memanfaatkan air dan tanpa menggunakan tanah sebagai media tanam atau soilless.

Keuntungan atau manfaat  Hidroponik antara lain.

1. Ramah Lingkungan
Hidroponik tidak hanya memberikan keuntungan bagi perkebunan, hidroponik juga menyumbang nilai positif bagi lingkungan karena hidroponik tidak menggunakan zat-zat yang memiliki efek samping berbahaya bagi lingkungan.

2. Tidak memerlukan tanah
Bertanam tanpa tanah berati mencegah kontaminasi yang bersumber dari tanah karena tanaman tidak bersentuhan dengan tanah sama sekali selama proses produksi mulai pembibitan hingga panen. Penularan maupun serangan hama dan penyakit yang berasal dari tanah pun dapat di cegah.Selain itu kita tidak perlu repot-repot untuk memiliki lahan yang luas. Tentunya hal tersebut sangat menguntungkan bagi pembudidaya tanaman dengan metode hidroponik. 

3. Hanya butuh sedikit air
Kebutuhan air tanaman hidroponik lebih sedikit karena pelaku hidroponik bisa mengatur dengan tepat jadwal penambahan air. Bahkan pada sistem hidroponik dengan sirkulasi nutrisi, air yang membawa nutri dapat dipakai berulang sehingga tidak boros. 

4. Anti hama dan gulma
Gulma yang kerap mengganggu lantaran mengambil nutrisi yang seharusnya bisa diserap tanaman tidak muncul karena peluang benih gulma terbawa ke media tanaman relatif kecil.

5. Tidak perlu lahan luas
Dapat diusahakannya di lahan terbatas dengan bantuan sarana penunjang dengan instalasi yang dapat dipakai berulang, pekerja todak perlu mengolah tanah seperti yang dilakukan perkebunan konvensional. Proses pemeliharaan tanaman pun tidak membentukan banyak tenaga

6. Tanpa pestisid atau insektisida sehingga lebih sehat
tidak ada aplikasi peptisida atau insektisida pada permukaan tanaman terutama sayuran daun yang cepat panen.

7. Nutrisi pada tanaman lebih optimal
Dengan hidroponik larutan nutrisi yang dialirkan mudah di kontrol jumlahnya dan tepat diserap tanaman karena tidak terbuang percuma atau diserap tanaman lain.

Demikian artikel Pengertian Hidroponik dan Manfaatnya Lengkap semoga bisa bermanfaat.