Fakta dan Opini dalam Teks Iklan

Membaca Intensif Teks Iklan di Surat Kabar 
FAKTA DAN OPINI ( Bahasa Indonesia )

Fakta dan Opini dalam Teks Iklan

Iklan merupakan pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual dan dipasang di dalam media massa atau di tempat umum. Berdasarkan jenisnya, iklan dibedakan atas:
1) iklan layanan masyarakat, misalnya imbauan menjaga kelestarian hutan; 2) iklan niaga, misalnya penawaran produk obat; serta 3) iklan keluarga, misalnya iklan duka cita.

Pernahkah kalian mencermati kalimat-kalimat yang termuat dalam sebuah iklan? Apakah yang kalian temukan? Adakah kalimat yang merupakan fakta? Atau adakah kalimat yang merupakan opini? Perlu kalian ingat bahwa sebelum menentukan fakta dan opini dari sebuah iklan, kalian harus memahami perbedaan di antara keduanya.

Fakta adalah hal (peristiwa, keadaan) yang merupakan kenyataan atau sesuatu yang benar ada atau terjadi. Adapun opini merupakan pendapat, pemikiran, atau sikap terhadap fakta-fakta. Setelah memahami perbedaan antara fakta dengan opini, perhatikanlah iklan berikut dengan saksama beserta penjelasannya sebagai bahan referensi kalian!

MARKETING EXECUTIVES
PT Hunter Dougles Indonesi adalah salah satu unit dari Hunter Douglas Internasional. Perusahaan ini bergerak di bidang produk arsitektural, penutup tirai jendela premium, dan produk-produk interior lainnya.

Dalam rangka ekspansi usaha dengan adanya akuisisi produk produk interior yang baru, maka perusahaan saat ini sedang mencari beberapa tenaga pemasaran yang menguasai bahasa Inggris dan telah berpengalaman memasarkan dan menjual produk-produk interior. Diutamakan yang mempunyai latar belakang pendidikan arsitektur atau desain interior dan
mempunyai banyak relasi dengan para arsitek dan desainer in terior.

Bagi Anda yang berminat dan memenuhi kualifikasi di atas, harap mengirimkan lamaran dan CV melalui alamat email di
bawah ini.
Email: cg_168@yahoo.co.uk

Berdasarkan iklan di atas, kalian dapat mencermati kalimat-kalimat yang termasuk fakta dan opini.

Fakta dalam teks iklan di atas terdapat pada kalimat berikut.
1. PT Hunter Douglas Indonesia adalah salah satu unit dari Hunter Douglas Internasional.
2. Perusahaan ini bergerak di bidang produk arsitektural, penutup tirai jendela premium, dan produk-produk interior lainnya.
3. Dalam rangka ekspansi usaha dengan adanya akuisisi produk-produk interior yang baru, maka perusahaan saat ini sedang mencari beberapa tenaga pemasaran yang menguasai bahasa Inggris dan telah berpengalaman memasarkan dan menjual produk-produk interior.
4. Email: cg_168@yahoo.co.uk

Opini dalam teks iklan di atas terdapat pada kalimat berikut.
1. Diutamakan yang mempunyai latar belakang pendidikan arsitektur atau desain interior dan mempunyai banyak relasi dengan para arsitek dan desainer interior.
2. Bagi Anda yang berminat dan memenuhi kualifikasi di atas, harap mengirimkan lamaran dan CV melalui alamat email di bawah ini.

Demikian artikel Fakta dan Opini dalam Teks Iklan semoga bisa bermanfaat.
Zein Sakti
Zein Sakti Orang yang mencari peruntungan di dunia blogging