4 Hal Penting yang Berkaitan dengan Aspek Pemasaran Produk

Pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang perlu dilakukan oleh perusahaan baik itu perusahaan barang atau jasa dalam upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya. Hal tersebut disebabkan karena pemasaran merupakan salah satu kegiatan perusahaan, di mana secara langsung berhubungan dengan konsumen.

Apabila seseorang sudah memutuskan menjadi wirausaha maka dia harus segera memikirkan tentang rancangan pemasaran produk yang akan dijual. Philip Kotler dan Gary Amstrong dalam bukunya Dasar-Dasar Pemasaran mendefinisikan pemasaran sebagai proses dimana perusahaan menciptakan nilai bagi pelanggan dan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan, dengan tujuan menangkap nilai dari pelanggan sebagai imbalannnya. Dengan demikian, pemasaran tidak hanya bagaimana memasarkan produk supaya laku, tetapi juga harus memiliki nilai lebih bagi pelanggannya.


4 Hal Penting yang Berkaitan dengan Aspek Pemasaran Produk

Beberapa hal penting yang berkaitan dengan aspek pemasaran sebagai berikut.

1. Memahami seni menjual
Bagian penjualan merupakan salah satu bagian terpenting dalam sebuah perusahaan. Oleh karena itu, dibutuhkan tenaga jual yang profesional. Harus pula diingat bahwa penjual itu tidak hanya menjual produk atau bisnisnya saja, tetapi juga menjual kualitas produk tersebut.

2. Menetapkan harga jual
Menjual produk dengan harga mahal akan berisiko produk tidak laku dijual. Sebaliknya, menjual dengan harga murah juga akan berdampak pada persepsi konsumen terhadap kualitas produk. Untuk itu penetapan harga harus disesuaikan dengan target pasar, segmen pasar, dan posisi produk di pasar. Sebelum menentukan harga produk di pasar, perlu mempertimbangkan faktor utama dari jenis biaya yang akan menentukan harga. Hal-hal yang harus dipertimbangkan dalam menentukan harga sebagai berikut.

1) Biaya bahan baku dan suplainya
Biaya ini menjadi biaya utama dalam penentuan harga jual produk
2) Biaya overhead
Biaya overhead menjadi faktor penting yang bisa dianalisis dalam penentuan struktur harga. Contohnya adalah biaya administrasi, biaya pengiriman, biaya alat tulis kantor, biaya sewa kantor, biaya telepon, dan biaya listrik.
3) Biaya tenaga kerja
Merupakan biaya tenaga kerja dalam memproduksi barang jadi selama proses produksi dan biaya tenaga kerja yang bekerja dikantor. Contohnya adalah biaya gaji karyawan, uang lembur, insentif (bonus). Untuk menentukan harga jual sebuah produk, maka perlu mengetahui total biaya (total cost) yang dibutuhkan dalam membuat produk tersebut.


Biaya Total = Total biaya bahan baku + Total biaya overhaed + Total biaya tenaga kerja.
Penentuan harga jual produk juga dapat ditentukan dengan tiga cara, sebagai berikut:
1) Harga berdasarkan harga pasar (Market based price).
2) Harga berdasarkan biaya (Cost based price).
3) Harga berdasarkan titik impas (Break event point based price).

3. Menganalisis kepuasan pelanggan
Kepuasan pelanggan adalah tingkat perasaan seseorang setelah
membandingkan kinerja produk (hasil) yang bisa dirasakan dan sesuai dengan
harapannya. 
Metode-metode yang bisa digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan sebagai berikut.
1) Sistem keluhan dan saran
Sistem ini bisa menggunakan cara formulir isian, kuesioner, uji sampelsecara langsung dengan cara tanya jawab pelanggan, email, faksimile, telepon, dan situs jejaring sosial.
2) Survei kepuasan pelanggan
secara berkala Sistem keluhan dan saran tidak bisa mencerminkan secara tepat dan akurat apabila hanya sekali dilakukan. Oleh karena itu, perlu dilakukan lebih dari satu kali survei agar diperoleh tingkat keakuratan yang lebih baik.
3) Ghost shopping atau mystery shopper
Cara ini adalah mempekerjakan orang untuk berpura-pura menjadi pembeli. Orang ini akan melaporkan hal-hal positif dan negatif dari pelayanan serta manfaat dari sebuah produk.

4. Promosi
Promosi adalah suatu aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan guna mengomunikasikan, mengenalkan, dan mempopulerkan kepada pasar sasarannya. Ada enam kegiatan dan rencana yang bisa dilakukan untuk mengomunikasikan produk dan merk usaha.
1) Penjualan personal (personal selling)
2) Iklan (advertising)
3) Promosi penjualan (sales promotion)
4) Publikasi (publication)
5) Sponsorship

6) Komunikasi di tempat konsumen yang akan membeli (pint of purchase).

Demikian artikel 4 Hal Penting yang Berkaitan dengan Aspek Pemasaran Produk semoga bisa bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel