12 Objek Wisata Terfavorit di Daerah Purworejo

Hallo Agan...Purworejo adalah wilayah yang berada diantara kabupaten Wonosobo, magelang, dan Provinsi Yogyakarta. Kabupaten ini diam-diam ternyata menyimpan sejuta pesona tidak kalah dari Kabupaten lainnya. kali ini saya akan memposting Kumpulan tempat wisata yang ada daerah Purworejo.Purworejo dijuluki Kota Pensiunan karena ketenangannya ini memiliki tempat wisata yang potensial apabila dikembangkan dengan baik oleh Pemerintah ataupun masyarakatnya.
Baca juga: 12 Makanan Khas Purworejo yang Enak Tenan

1. Pantai Ketawang
12 Objek Wisata Terfavorit di Daerah Purworejo
image by telusurindonesia
Masih pantai gan, Pantai ketawang merupakan salah satu tempat wisata di Purworejo yang masih asri dan alami karena sedikit bangunan yang menunjang akses ke lokasi ini meskipun jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat kota. Keadaan di pantaiketawang masih sepi padahal di sini ada pemandangan Pantai yang indah, pasir hitam yang memukau dan suara ombak yang menenangkan hati. Jika tertarik anda dapat mengunjungi Pantai Ketawang,  anda dapat datang ke Desa Ketawang, Kecamatan Grabag, atau berjarak sekitar 22 km dari pusat Kota Purworejo.

2. Pantai Jatimalang


12 Objek Wisata Terfavorit di Daerah Purworejo
Dimulai dari pantai dulu gan, Pantai yang memiliki ombak yang cukup besar ini menjadi idola bagi wisatawan yang bekunjung ke daerah Purworejo karena keindahannya yang memanjakan mata oleh karena itu, Tidak asing lagi jika sudah banyak bangunan- bangunan di sekitar Pantai yang digunakan untuk berjualan atau beristirahat bagi para wisatawan. Walaupun memiliki ombak yang cukup besar namun pantai ini tetap bisa di gunakan untuk bermain. Pantai Jatimalang berada di Desa Jatimalang, Kecamatan Purwodadi, atau berjarak sekitar 18 km dari pusat kota Purworejo.

3. Pantai Jetis 


12 Objek Wisata Terfavorit di Daerah Purworejo
Pantai Jetis merupakan tempat wisata terbaru di Purworejo yang diresmikan tahun 2016. Setelah diresmikan pantai ini langsung diserbu para wisatawan terutama pada hari libur lebaran. 

Pantai Jetis terletak di Desa Patutrejo, Grabag, Kabupaten Purworejo. Pantai Jetis bersebelahan dengan pantai Ketawang indah karena dulunya pantai Jetis memang termasuk bagian Pantai Ketawang namun sekarang sudah dipisah.

Akses jalan menuju ke pantai sekarang sangat mudah dan nyaman, karena jalan sudah menggunakan paving blok. Letaknya juga tidak jauh dari jalan Daendeles yang baru-baru ini dirampungkan pengerjaannya.

fasilitas yang ada disana terbilang cukup seperti sudah ada tempat parkir untuk motor dan mobil, toilet, dan warung makanan. Konsep pantai jetis ini seperti taman bro dilengkapi dengan tempat duduk dari ban bekas yang di tata rapi, ayunan, bahkan tempat duduk yang bergelantungan

Pantai Jetis terkenal karena payung-payung yang bergelantungan di sekitar pantai yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

4. Curug Silangit


12 Objek Wisata Terfavorit di Daerah Purworejo

Dari pantai kita Pegunungan di Daerah Kaligesing gan, di sana ada air terjun yang sangat indah nan memanjakan mata,  cocok untuk foto-foto menghilangkan stress ataupun mandi gan(Bagi Agan yang belum mandi). Air terjun tersebut bernama Curug Silangit. Curug Silangit merupakan tempat wisata di Purworejo yang menjadi aset wisata kota Purworejo. Dinamakan Curug Silangit karena ketinggian curug ini mencapai 50 meter yang dibagi atas 3 tingkatan curug. Pada curug paling atas setinggi 30meter, curug kedua dan ketiga memiliki tinggi yang sama yaitu 10 meter. Tapi jika anda bermain air di sekitar curug ini sebaiknya hati-hati karena jika anda tidak bisa berenang sebaiknya anda bermain di tepian saja. Curug ini dikenal memiliki kedalaman kedung yang sangat dalam. Akses ke Curug Silangit dapat ditempuh dengan kendaraan umum atau kendaraan pribadi dan letaknya pun mudah dijangkau karena lokasinya berada di Desa Somongari, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo.

5.Curug Muncar


12 Objek Wisata Terfavorit di Daerah Purworejo

Kita ke Curug lagi gan, tadi Curug Silangit sekarang Curug Muncar.
Curug Muncar adalah air terjun yang Terletak di Desa Kaliwungu, Kecamatan Bruno, Kabupaten Purworejo.

Curug Muncar memiliki ketinggian ± 40m  dan berada di kawasan Perhutani dengan ketinggian 900 m diatas permukaan laut.  Curug Muncar ini masih sangat alami, belum tersentuh oleh bermacam-macam teknologi manusia, sehingga panoramanya masih alami dan sangat cocok untuk refreshing dan  mengambil foto. Untuk Informasi lebih lengkap tentang curug muncar Baca juga: Curug Muncar, Surga tersembunyi Di Bruno

6. Curug Gunung Putri


12 Objek Wisata Terfavorit di Daerah Purworejo

Curug Gunung Putri adalah tempat wisata terbaru di Purworejo yang diresmikan tahun 2016.  Curug Gunung Putri yang terletak di perbatasan Kabupaten Purworejo dan Kabupaten Wonosobo tepatnya di Desa Cepedak, Kecamatan Bruno. Disaat Libur lebaran,objek wisata ini adalah objek wisata yang paling banyak menyedot pengunjung di Purworejo.

Hal itu dapat dimaklumi lantaran obyek wisata yang berupa air terjun tersebut memiliki keindahan yang sangat luar biasa. Aliran air dari ketinggian yang mencapai 70 meter dengan paduan pemandangan bukit yang indah dan hutan pinus membawa sensasi tersendiri bagi para pengunjung. Hawa yang sejuk dengan gemercik air dari atas tebing menambah syahdu tempat wisata yang berada diatas ketinggian 669 mdpl tersebut. Potensi semakin besar lantaran di lokasi tersebut, selain bisa melihat air terjun, wisawatan juga disediakan berbagai area wisata lainnya seperti jembatan awang-awang, Goa Sapi, Gunung Cilik, dan juga Gazebo awang-awang.

Keunikan lainnya dari Curug Gunung Putri adalah menyimpan cerita mistis yang berkembang di masyarakat. Konon, seorang prajurit wanita pasukan Pangeran Diponegoro keluar dari rombongan karena ingin menyepi untuk segera mendapatkan jodoh . Tanpa sengaja, dalam perjalannya, prajurit wanita tersebut menemukan curug dan kemudian mandi di sana. Setelah mandi, prajurit wanita tersebut berubah menjadi cantik dan akhirnya justru menjadi rebutan para prajurit lainnya.

7. Goa Seplawan
12 Objek Wisata Terfavorit di Daerah Purworejo

Goa Seplawan adalah salah satu goa yang berada di kabupaten Purworejo. Goa ini terletak di gugusan bukit menoreh perbatasan Kab Purworejo dan Kulon Progo tepatnya berada di Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing, sekitar 20 kilometer ke timur dari pusat kota Purworejo dan berada di sekitar 700 meter dari Permukaan laut.
Goa Seplawan itu merupakan peninggalan sejarah peradaban masa lalu terbukti dengan ditemukannya sebuah arca emas 22 karat setinggi 9 cm dengan berat 2,5 kg. pada 15 Agustus 1979  di salah satu sudut goa.

8.Geger Menjangan


12 Objek Wisata Terfavorit di Daerah Purworejo

Geger Menjangan merupakan kawasan wisata alam, obyek utama yang banyak dinikmati pengunjung adalah keindahan Kota Purworejo dan Pantai Selatan dipandang dari ketinggian puncak bukit. Selain itu, kawasan Geger Menjangan masih menawarkan beberapa obyek rekreasi lainnya, yaitu taman permainan anak, kolam renang dan taman pemancingan. Suguhan yang lebih dikhususkan untuk kawula muda adalah arena minicross, dengan kontur tanah yang sangat menantang dan panjat tebing berketinggian 15 meter. Lokasi taman wisata Geger Menjangan terletak di timur laut Kota Purworejo. Masuk dalam wilayah Kelurahan Baledono Kabupaten Purworejo.

9. Alun-Alun Purworejo


12 Objek Wisata Terfavorit di Daerah Purworejo

Ikon dari Kota Purworejo Ini juga termasuk ke dalam objek wisata terfavorit di Purworejo terutama di malam hari karena banyak PKL disekitar alun-alun yang menyediakan berbagai macam makanan khas Purworejo.

Wisata Alun Alun Kota Purworejo Jawa Tengah  merupakan alun-alun kabupaten lama yang cukup luas. Bahkan, yang terluas di Jawa Tengah. Luas alun-alun Purworejo enam hektar atau 60.000 meter persegi dengan bentuk segi empat. Baik panjang maupun lebar ukuranya hampir sama.

Ciri khas pola tata kota Jawa Kuno selalu dengan jantung kota berupa sebuah alun-alun dan ditengahnya berdiri pohon beringin. Di tengah alun-alun Purworejo terdapat sepasang pohon beringin yang didatangkan dari Kraton Yogyakarta. 


Alun-alun Purworejo dikelilingi oleh bangunan-bangunan penting semasa pemerintahan R. Cokronegoro I (bupati pertama Purworejo). Pendopo Kabupaten Purworejo berada di sebelah utara alun-alun menghadap selatan. Di sebelah selatan alun-alun ada Kantor Karesidenan bagelen yang kini menjadi Kantor Setda Purworejo.

Sebelah barat alun-alun terdapat Masjid Agung Darul Muttaqin. Yang di dalam masjid tersebut terdapat Bedug Pendowo, bedug terbesar di dunia. Sementara sisi timur berdiri bangunan Gereja. Semua itu merupakan banguan penting yang sudah disusun sedemikian rupa oleh R. Cokronegoro I sebagai bupati pertama Purworejo. 

Saat ini alun-alun purworejo sedang direvitalisasi agar menjadi lebih baik.

10. Masjid agung Purworejo atau Masjid kauman


12 Objek Wisata Terfavorit di Daerah Purworejo

Masjid Kauman Purworejo selain digunakan untuk beribadah juga dijadikan tujuan wisata di kota Purworejo yang diminati banyak Pengunjung. Keistimewaan masjid ini adalah adanya Bedug tebesar di Dunia(Karena Indonesia doang yang pake Bedug) yang berdiamer 2 meter. Bedug ini hanya digunakan pada hari raya dan selama bulan Ramadhan saja.

11. Wisata Alam Hutan Purworejo Kusumo Asri


12 Objek Wisata Terfavorit di Daerah Purworejo

Keindahan alam Purworejo memang sangat potensial, hal ini dibuktikan dengan adanya wisata alam bernuansa hutan yang sangat dikelola dengan baik oleh pemerintah daerah Purworejo. Tempat wisata di Purworejo ini juga merupakan perkemahan yang bisa juga digunakan untuk sarana outbond dan kegiatan adventure dengan keindahan hutan pinusnya. Di wisata alam hutan ini juga terdapat Kebun Binatang mini yang memiliki koleksi binatang yang terawat dan bersahabat bagi anak-anak. WIsata Alam Hutan Purworejo atau biasa disebut Kusumo Asri ini terletak di Desa Mayungsari, Kecamatan Bener, Purworejo.

12. Museum Tosan Aji



Bagi kamu yangSuka dengan wisata sejarah, Maka jangan lewatkan obyek wisata Purworejo yang satu ini. Namanya adalah Museum Tosan Aji. Museum ini juga dikenal dengan nama Museum Pusaka. Di dalamnya tersimpan aneka benda-benda bersejarah dengan nilai tinggi. Banyak juga peninggalan pusaka yang berasal dari zaman kerajaan yang disimpan di dalamnya. Museum Tosan Aji terutama menghadirkan nuansa masa lampau dengan beragamnya koleksi pusaka yang berasal dari tanah Jawa.

Demikian artikel 12 Objek Wisata Terfavorit di Daerah Purworejo yang Wajib di Kunjungi semoga bisa bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel