8 Pertempuran Untuk Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia

Setelah merdeka, rintangan bagi indonesia belumlah selesai, Banyak pihak seperti belanda dan sekutunya untuk menjajah indoensia kembali karena indonesia sangat menguntungkan bagi para penjajah. Mereka melakukan banyak upaya salah satunya menyerang negara Indonesia dengan tentara-tentara mereka.

Tentunya rakyat indonesia tidak tingga diam ketika diserang dan kemerdekaan yang susah payah didapatkan direbut kembali. Maka, rakyat dan tentara indonesia melakukan perlawanan untuk mengusir para perongrong kemerdekaan.


                 - Kronologi terjadinya peristiwa rengasdengklok

Perlawanan-perlawanan bangsa indonesia untuk mempertahankan kemerdekaan antara lain sebagai berikut.


1). Pertempuran Lima Hari di Semarang

from abdiakbaramirullah.blogspot .com


Pertempuran ini terjadi pada tanggal 15-20 Oktober 1945 antara Tentara Keamanan Rakyat (TKR) dan sisa tentara Jepang pada masa transisi setelah perpindahan kekuasaan dari belanda ke Bangsa Indonesia. Pertempuan ini terjadi karena larinya tentara jepang dan tewasnya dr. Karyadi karena ditembak tentara jepang ketika dr. Karyadi ingin menyelidiki kasus sumber air yang diracuni oleh jepang.

Pertempuran berakhir ketika pemerintah pusat mengirim utusan perdamaian, yaitu Kasman Singodimedjo dan Mr. Sartono melalui perundingan dengan pihak Jepang yang diwakili oleh Letnan Kolonel Nomura.

Untuk memperingati pertempuran lima hari di semarang  dibangunlah Monumen Tugu Muda  sebagai monumen peringatan pada tangga 10 November 1950, yang kemudian diresmikan oleh Presiden Soekarno pada tanggal  20 Mei 1953.

2). Pertempuran Surabaya



Pertempuran ini terjadi pada tanggal 10 November 1945 antara pejuang Indonesia dan pasukan Sekutu di kota Surabaya, Jawa timur. Pertempuran ini merupakan pertempuran pertama bangsa indonesia setelah menyatakan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945. Pertempuran ini merupakan pertempuran terbesar dan terberat rakyat indonesia dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia dan menjadi simbol perlawanan pada kolonialisme yang ada.

Pertempuran ini dipicu karena banyak hel seperti kedatangan sekutu yang ingin mengembalikan indonesia kepada pemerintahan belanda, insiden di hotel yamato, tewasnya jendar A.W.S Mallaby dan ultimatum sekutu yang ditolak mentah-mentah rakyat indonesia. Oleh karena itu terjadilah pertempuran Surabaya.

Akibat peristiwa tersebut pada setiap tanggal  10 November diperingati sebagai hari pahlawan Nasional dan di Kota Surabaya di bangun tugu pahlawan untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah bertempur mengorbankan jiwa dan raganya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

3). Bandung Lautan Api

Peristiwa ini terjadi pada tanggal 23 Maret 1946. Penduduk Kota Bandung membakar rumah mereka dan meninggalkan kota menuju pegunungan di daerah selatan Bandung. Hal ini dilakukan untuk mencegah tentara Sekutu dan tentara NICA Belanda untuk menggunakan Kota Bandung sebagai markas strategis militer.
Peristiwa ini terjadi karena ultimatum tentara sekutu kepadaTKR( sebutan TNI dulu) agar meninggalkan kota bandung. Melihat situasi yang tidak memungkinkan maka TKR terpaksa mengosongkan kota bandung bersama rakyatnya. Tapi sebelum pergi mereka membakar dulu kota bandung agar tidak digunakan sekutu sebagai markas.
Dalam waktu 7 jam sekitar 200.000 penduduk bandung membakar rumah mereka, meninggalkan kota menuju pegunungan di daerah selatan bandung.


4). Pertempuran Medan Area

Pertempuran ini terjadi di Medan, Sumatera Utara antara pejuang Indonesia di Medan dengan tentara Sekutu dan NICA Belanda yang ingin mengambil alih kekuasaan. Pertempuran ini berhasil menghambat upaya NICA untuk mengambil alih kekuasaan.

Pertempuran ini disebabkan oleh kedatangan tentara NICA yang menyebabkan banyak insiden di medan dan ultimatum kepada rakyat indonesia untuk menyerah dan menyerahkan senjata kepada sekutu yang di tolak oleh rakyat indonesia di Medan.


5). Pertempuran Ambarawa

Pertempuran ini terjadi pada tanggal 20 November 1945  di Ambarawa, Jawa tengah dan berakhir pada tanggal 15 Desember 1945. Pertempuran terjadi antara pasukan Tentara Kemanan Rakyat (TKR) yang dipimpin oleh Jendral Soedirman melawan pasukan Sekutu dan berhasil memukul mundur pasukan Sekutu ke Semarang.
Dalam peristiwa ini Letkol Isdiman komandan Divisi V banyumas gugur. Hal inilah yang membuat Jendral Soedirman Turun langsung ke Lapangan untuk memimpin pertempuran
Pertempuran ini dipicu karena tentara sekutu membebaskan para tawanan belanda dan mempersenjatainya sehingga hal ini menimbulkan kemarahan rakyat indonesia


6). Serangan Umum 1 Maret 1949

Serangan umum 1 maret merupakan serangan yang dilakukan pada tanggal 1 maret 1949 terhadap kota Yogyakarta sebagi ibukota Indonesia yang telah Diduduki oleh Belanda. Serangan ini merupakan peristiwa yang sangat penting dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam usaha mempertahankan kemerdekaan. Serangan berhasil membuktikan kepada dunia internasional bahwa Republik Indonesia masih memiliki kekuatan, meskipun ibu kota diduduki oleh Belanda. Serangan ini bisa disebut balasan terhadap agresi militer belanda yang berakibat ditangkapnya presiden soekarno dan direbutnya ibukota indonesia yaitu yogyakarta.


7). Operasi Trikora (Tri Komando Rakyat)

Operasi Trikora adalah operasi yang disertai dengan pengerahan kekuatan militer untuk membebaskan Irian Barat (sekarang Papua) dari Belanda. Operasi ini berakhir setelah diakuinya Irian Barat sebagai wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.


8). Operasi Jayawijaya


Operasi Jayawijaya merupakan bagian dari Operasi Trikora. Operasi Jayawijaya direncanakan oleh TNI Angkatan Laut yang merupakan operasi amfibi terbesar dalam sejarah operasi militer Indoensia. Tidak kurang dari 100 kapal perang dan 16.000 prajurit disiapkan dalam operasi tersebut. Namun, operasi ini tidak dilakukan karena tercapainya persetujuan New York pada tanggal 15 Agustus 1962 yang berisi penyerahan Irian Barat dari Belanda kepada Indonesia melalui United Nations Temporary Executive Authority (UNTEA).

Demikian artikel saya tentang8 Pertempuran Rakyat Indonesia Untuk Mempertahankan Kemerdekaan semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel