Upaya Diplomasi Indonesia Mempertahankan kemerdekaannya

Upaya diplomasi diwujudkan dengan melakukan perundingan dan membuat persetujuan untuk mempertahankan kedaulatan Indonesia. Dan Upaya-upya Diplomasi Indonesia Mempertahankan kemerdekaannya tersebut adalah sebagai berikut.


1). Perundingan/Persetujuan Linggarjati

perundingan linggar jati


Perundingan/Persetujuan Linggarjati berlangsung pada tanggal 10-15 November 1946. Persetujuan ini menghasilkan pengakuan kedaulatan Republik Indonesia yang meliputi Jawa dan Madura.


2). Perjanjian Renville

kapal renville terjadinya perjanjian


Perjanjian Renville diselenggarakan pada tahun 1948 yang menghasilkan pengakuan kedaulatan Republik Indonesia yang meliputi Jawa dan Sumatra. Pendatanganan Perjanjian Renville dilakukan di atas kapal perang USS Renville Milik Amerika.


3). Perundingan Roem-Royen

suasana saat perjanjian roem royen


Perundingan Roem-Royen diselenggarakan pada tanggal 14 April-7 Mei 1949 yang menghasilkan kesepakatan untuk mengadakan Konferensi Meja  Bundar (KMB).


4). Perjanjian Konferensi Meja Bundar (KMB)

konferensi meja bundar

Perjanjian KMB diselenggarakan pada tanggal 23 Agustus 1949-2 November 1949  di Den Haag, Belanda yang menghasilkan pengakuan kedaulatan Indonesia atas seluruh wilayah bekas jajahan Belanda dalam bentuk negara federal  Republik Indonesia Serikat (RIS).


5). Penentuan Pendapat Rakyat (Pepera)

Penentuan Pendapat Rakyat atau Pepera dilakukan untuk membebaskan Irian Barat. Hasil Musyawarah Pepera dengan suara bulat memutuskan bahwa Irian Barat tetap bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia dan disahkan secara resmi oleh PBB dalam Sidang Umum ke-24 pada tanggal 19 November 1969.


6). Penetapan Deklarasi Djuanda

Penetapan ini dilakukan dalam konferensi hukum laut PBB ke lll tahun 1982 (United nations convention on the law of the sea/Unclos) Penetapan ini merupakan hasil perjuangan panjang Indonesia yang sudah dimulai sejak tahun 1957. Pengakuan atas Deklarasi Djuanda menyebabkan luas wilayah Republik Indonesia berganda 2,5 kali lipat dari 2.027.087 km² menjadi 5.193.250 km².

Demikian artikel saya tentang  Upaya Diplomasi Indonesia Mempertahankan kemerdekaannya semoga bisa bermanfaat untu agan semua yang membaca artikel ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel