Pengertian Sel Lengkap

Hallo agan...Sel adalah unit struktural dan fungsional terkecil dari sebuah organisme. Sel pertama kali diamati oleh Robert Hook pada tahun 1665. Ia mengamati sayatan gabus dengan menggunakan mikroskop sederhana dan melihat adanya ruangan kecil yang berderet. Ruang tersebut lalu dinamakan sel oleh Robert Hook.

 
gambar sel
struktur sel

Pada tahun 1839, Mathias Schleiden dan Thomas Schwan mempelajari bagian-bagian tumbuhan dan hewan. Kedua ilmuwan tersebut mengamati bahwa tumbuhan dan hewan. Kedua ilmuwan tersebut mengamati bahwa tumbuhan dan hewan tersusun atas sel. Berdasarkan Pengamatannya, mereka menyimpulkan bahwa sel merupakan unit terkecil penyusun organisme. Nah, dari situlah kita tahu pengertian sel.

Setiap sel yang hidup mempunyai membran dan cairan yang disebut sitoplasma. Selain memiliki membran dan sitoplasma, setiap sel juga memiliki inti sel(nukleus) atau bahan inti. Berdasarkan ada tidaknya membran sel yang melindungi inti sel, sel dapat dibedakan menjadi dua yaitu:

a. Prokariot

Merupakan sel yang tidak memiliki membran inti, misalnya bakteri dan alga biru.

b. Eukariot

Merupakan sel yang memiliki membran inti, misalnya sel-sel yang terdapat pada hewan dan tumbuhan.
Baik sel prokariot ataupun eukariot berukuran sangat kecil. Di dalam tubuh kita terdapat sekitar 200 jenis sel dan berjumlah lebih dari 50 miliar sel. Berdasarkan banyaknya sel yang menyusun tubuh, organisme dibedakan  menjadi dua kelompok lagi yaitu:

a. Organisme bersel tunggal (uniseluler)

Pada organisme uniseluler, seluruh kegiatan hidupnya dilakukan oleh sel itu sendiri. Kegiatan hidup itu misalnya bernapas, makan, dan mengeluarkan zat sisa, berkembang biak, dan bergerak. Contoh organisme multiseluler adalah bakteri dan protista.


b. Organisme bersel banyak (multiseluler)

Pada organisme multiseluler, sel-sel penyusun tubuhnya mengadakan pembagian tugas. Ada yang bertugas mencerna makanan, bergerak, mengeluarkan zat sisi (ekskresi) dan berkembang biak. Oleh karena itu, tubuh organisme multiselular mempunyai berbagai macam organ. Misalnya organ pencernaan makanan, organ pernapasan, organ reproduksi, indra dan lainnya.

Jadi dari uraian diatas, pengertian sel adalah unit struktural dan fungsional terkecil dari sebuah organisme yang berfungsi menyusun organisme tersebut.


Demikian artikel dari saya tentang pengertian sel lengkap semoga bermanfaat bagi agan sekalain yang sedang mencari informasi tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel