Persiapan Membuat Kolam Budidaya Ikan

Hallo Agan Persiapan penting  wadah budidaya kolam meliputi pengeringan dasar kolam, perbaikan pematang, pengolahan dasar kolam, perbaikan saluran air masuk dan keluar, pemupukan, pengapuran dan pengisian air kolam.



1. Perbaikan pematang

Perbaikan pematang bertujuan mencegah kebocoran air kolam sehingga tetap stabil. Perbaikan pematang dilakukan pada kolam tanah dan pada kolam tembok dilakukan perawatan dan pengecekan keretakan.
Baca juga: Jenis-jenis kolam budidaya ikan dan desainnya

2. Pengolahan dasar kolam

Pengolahan dasar kolam dilakukan pada dasar tanah dengan cara dicangkul. Tanahnya dibolakbalik dan dikeringkan sampai betul-betul kering dengan tujuan mempercepat proses penguraian

3. Pengeringan dasar kolam

Pengeringan dasar kolam  bertujuan untuk mematikan hama dan penyakit yang dapat menimbulkan kematian dan keracunan.
Baca juga: Desain dan konstruksi keramba jaring apung 

4. Pengapuran dasar kolam

 Pengapuran dasar kolam dilakukan dengan tujuan untuk menstabilkan keasaman tanah dan air kolam serta membunuh bibit penyakit. Jenis kapur yang digunakan adalah kapur pertanian atau kapur aktif.

5. Pemupukan dasar kolam

Pemupukan dasar kolam  dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kesuburan kolam, menumbuhkan fitoplakton dan zooplankton sebagai pakan alami, dengan jenis pupuk yang digunakan adalah pupuk kandang dan buatan saat pemupukan kondisi kolam sudah diairi kurang lebih 20 cm.

6. Pengisiaan air kolam

Pengisian air dilakukan sampai batas yang diinginkan dan dibiarkan kurang lebih 4-7 hari sebelum ikan ditebar. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menumbuhkan pakan alami dengan sempurna. Ketinggian kolam tergantung jenis kolam. Bahkan untuk usaha pemeliharaan ikan, maka tinggi kolam berkisar 1-1.25 m.
Demikian aritikel saya tentang  Persiapan Penting Membuat Kolam Budidaya Ikan semoga bermanfaat bagi agan sekalian.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel