Sejarah atau Asal Mula Kegiatan Perbankan

Hallo Agan…Kali ini saya mau membagikan postingan tentang  Sejarah atau Asal Mula Kegiatan Perbankan baik di dunia maupun Indonesia. Perbankan identik sekali dengan Uang dan juga Bank. Kegiatan perbankan meliputi kegiatan seperti meyimpan uang atau menabung, meminjam uang, menukar uang atau hal-hal lain yang berhubungan dengan uang.

Nah diatas adalah uraian singkat tentang Kegitan perbankan, tapi tahukah agan asal-usul kegiatan perbankan ini? Jika kalian tidak tahu dan ingin tahu maka baca postingan di bawah ini!

Kegiatan perbankan diperkirakan sudah dikenal pada zaman Babylonia, Yunani, dan Romawi. Pada zaman Babylonia, sekitar tahun 2000 SM, harta benda dititipkan di kuil-kuil kerajaan dan dipinjamkan kepada rakyat yang sangat membutuhkan harta benda tersebut.
Kemudian pada zama Yunani, Penyimpanan harta benda di kuil-kuil kerajaan juga dilakukan disertai dengan pungutan biaya penyimpanannya serta meminjamkannya kepada masyarakat.

 Pada zaman romawi kegiatan perbankan perbankan bertambah luas, yakni dari tukar menukar mata uang, menerima deposito, memberikan kredit, dan memberikan modal. Bank Negara pertama didirikan di Venesia, Italia pada tahuan 1171 yang bernama Bank Venesia. Kemudian secara berturut-turut, pada tahun 1320, berdirilah Bank of Genoa dan Bank of Barcelona.

Adapun di Indonesia tercinta, kegiatan perbankan berkembang sejak zaman penjajahan Belanda. Bank pertama di Indonesia didirikan pada tahun 1827 yang bernama De Javasche Bank. Pada tahun 1896 seorang penduduk pribumi bernama R. Aria Wirya Atmaja mendirikan sebuah Bank yang diberi nama Hulp en Spaar Bank. Tujuan pendirian bank tersebut adalah untuk membantu masyarakat agar terhindar dari rentenir atau lintah darat. Bank ini berkembang pesat dan oleh Pemerintah Belanda Namanya diganti menjadi Algemene Volks Credit Bank. Setelah indonesia merdeka, kedua bank tersebut dinasionalisasi dan diganti namanya. De Javasche Bank diganti nama menjadi Bank Indonesia (BI) dan Algemene Volks Credit Bank menjadi Bank Rakyat Indonesia (BRI).

mata uang dejavasche bank

Demikian postingan saya tentang  Sejarah atau Asal Mula Kegiatan Perbankan baik di dunia maupun di Indonesia. Semoga postingan tentang perbankan tersebut dapat bermanfaat dan memberikan pengetahuan baru bagi agan.