Teknologi Reproduksi Pada Tumbuhan

Hallo Agan… Saat ini bukan hanya benda-benda elektronik saja yang memiliki teknologi, bahkan sekarang tumbuhan pun memilikinya. Teknologi pada tumbuhan bisanya berhubungan dengan cara menanam tanaman tertentu agar bisa tumbuh dimana saja atau tumbuh dengan hasil buah yang bayak. Apasajakah teknologi pada tumbuhan? Dan bagaimana cara melakukannya? Untuk mengetahuinya, simak artikel di bawah ini!

a. Hidroponik

hidroponik
contoh tanaman yang ditanam dengan hidroponik akan cepat berkembang menjadi besar

Hidroponik cara menanam tumbuhan yang sedang banyak dikembangkan oleh para petani.Hidroponik merupakan cara penanaman tumbuhan dengan menggunakan larutan nutrisi dan mineral dalam air dan tanpa menggunakan tanah. Biasanya digunakan untuk menanam Tanaman darat, khususnya sayuran seperti paprika, tomat, timun, melon, terong, dan selada dapat ditumbuhkan secara langsung dalam wadah yang berisi nutrisi atau dengan ditambah medium yang tak larut dalam air, misalnya kerikil, arang, sekam, spons, serbuk kayu, dan lain sebagainya. Ilmuwan menemukan bahwa tumbuhan menyerap nutrisi yang penting dalam bentuk ion-ion yang terlarut dalam air sehingga karena mereka sudah mendapat nutrisi yang banyak dari air maka mereka tidak memerlukan tanah.

b. Vertikultur

vertikultur
salah satu penanaman tanaman dengan sistem vertikultur

Vertikultur adalah teknik budidaya tanaman dengan cara membuat instalasi secara bertingkat (vertikal) dengan tujuan untuk meningkatkan jumlah tanaman yang ditanam. Teknik budidaya ini merupakan konsep penghijauan yang cocok untuk daerah perkotaan dan lahan terbatas. Dengan teknik penanaman ini maka hasil yang didapat dari tanaman akan tetap banyak meskipun lahannya terbatas. Vertikultur dapat dilakukan di tempat yang dibuat khusus teknik vertikultur atau di tembok rumah atau menggantung di media lain.

c. Kultur Jaringan Tumbuhan
cara mengembangbiakkna tumbuhan dengan sistem kultur jaringan maka tumbuhan akan mudah berkembang di tempat manapun
Kultur jaringan adalah suatu metode perbanyakan tumbuhan dengan cara mengambil suatu bagian dari tanaman, seperti sel atau sekelompok sel, jaringan, atau organ. Bagian tanaman yang telah diambil selanjutnya ditumbuhkan dalam kondisi steril pada medium yang mengandung nutrisi dan zat pengatur tumbuh (hormon). Bagian tanaman akan dapat memperbanyak diri dan berkembang menjadi tanaman yang memiliki organ yang lengkap yaitu akar, batang, dan daun. Semua jenis tumbuhan dapat dikembangbiakkan menggunakan metode ini, namun masing-masing memerlukan perlakuan khusus agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Demikian postingan saya tetang Teknologi Reproduksi pada Tumbuhan semoga bermanfaat bagi agan sekalian dan semoga juga dapat diterapkan di rumah.