Penyebab Terjadinya Korsleting Listrik

Hallo Agan…Tahukah kamu betapa bahayanya jika kita ceroboh dalam menggunakan listrik? Selain menyebabkan kesetrum, akibat lainnya kurang berhati-hati menggunakan listrik adalah korsleting.

Akhir-akhir ini kita sering mendengar peristiwa kebakaran di daerah-daerah Indonesia terutama di ibu kota Jakarta yang disebabkan oleh korsleting listrik. Tetapi tahukah kamu mengapa hubungan arus pendek listrik atau korsleting dapat menjadi penyebab kebakaran seperti yang diberitakan di TV-TV nasional? Baca juga gan: Pembangkit Listrik Tenaga Tanaman

korsleting
ilustrasi korsleting listrik
Umumnya, korsleting listrik terjadi karena adanya konduktor positif dan negatif di dalam kabel yang saling berhubungan satu sama lain. Hal tersebut disebabkan oleh penyambungan kabel-kabel listrik yang tidak memperhatikan kutub-kutub listrik atau adanya konduktor kabel yang tidak tertutup oleh isolator dengan baik. 

Konduktor dalam kabel yang saling terhubung tersebut mengakibatkan hubungan pendek sehingga dapat memicu timbulnya arus yang sangat besar pada kabel, dan akan menghasilkan energi panas yang luar biasa dalam waktu singkat.

Biasanya, energi panas ini disertai dengan ledakan kuat dengan suhu sangat tinggi hingga mampu membakar benda-benda yang ada di sekitarnya. Oleh karena itulah, korsleting listrik dapat menyebabkan kebakaran yang besar yang dapat menghanguskan apa saja. Baca juga: Sumber-sumber energi listrik  dan Pengertian pembangkit listrik dan jenisnya lengkap
                   
Demikian Postingan saya tentang Penyebab Terjadinya Korsleting Listrik, semoga bermanfaat bagi agan dan selalu berhati-hati jika berurasan dengan yang namanya listrik karena listrik dapat membahayakan kita. Selain itu, hematlah listrik untuk bisa membantu lingkungan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel