Dampak Negatif Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Hallo Agan…Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah berpengaruh besar bagi bangsa Indonesia terutama dari hal penyebaran informasi ke orang banyak. Di sisi lain, berbagai ancaman harus selalu diwaspadai bagi bangsa Indonesia karena banyak orang yang tidak bertanggung jawab dalam menggunakannya. Beberapa ancaman yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut.

1. Lunturnya nilai-nilai agama dan budaya

Dalam uraian di atas telah dijelaskan berbagai dampak positif pengaruh perkembangan teknologi dan informasi terhadap nilai-nilai agama dan budaya. Namun perkembangan teknologi dan informasi juga menyebabkan lunturnya nilainilai agama dan budaya. Misalnya jaringan internet juga menyebabkan lunturnya nilai-nilai agama dan budaya seperti sikap saling sapa, sikap sopan santun, dan sikap kebersamaan.

Berbagai data berupa gambar dan film yang berbau p*rn*grafi menjadi salah satu penyebab lunturnya nilai-nilai agama dan budaya. Budaya Barat negatif seperti budaya suka bersenang-senang (hedonisme), kehidupan bebas, dan ateisme, ternyata sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat Indonesia di berbagai daerah karena masyarkat indonesia mulai menerapkan gaya hidup menyimpang seperti contoh di atas. Walaupun Indonesia yang terdiri atas ribuan pulau, dengan lokasi yang saling berjauhan, namun berbagai informasi tersebut sangat mudah dan cepat diakses/diperoleh berkat kemajuan teknologi informasi terutama dari internet via berita online dan media sosial.


2. Kriminalitas

internet.jpg


Kejahatan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi terjadi setiap hari di Indonesia. Kriminalitas melalui jaringan telepon terjadi baik telepon kabel maupun telepon seluler. Kriminalitas melalui jaringan telepon umumnya dilakukan dalam bentuk penipuan. Kamu harus hati-hati ketika ditelepon orang yang belum kamu kenal. Demikian halnya apabila ada telepon yang mengaku kenalanmu, kamu harus mengecek apakah kamu benar-benar berkomunikasi dengan orang yang kamu maksud. Para penjahat semakin canggih dalam cara-cara mengelabuhi masyarakat melalui percakapan telepon.

Kejahatan melalui dunia maya atau sering disebut cybercrime, semakin marak ditemukan di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Modus kriminalitas inidilakukan terutama dalam bentuk penipuan dan pencurian. Cara pembayaran melalui kartu kredit memudahkan terjadinya transaksi melalui dunia maya. Apabila tidak berhati-hati, masyarakat dapat tertipu oleh penjahat internet tersebut. Saat ini masyarakat mulai terbiasa dengan belanja melalui internet. Mereka dapat memilih barang-barang belanjaan yang dikehendaki, lalu membayar lewat internet, dan tinggal menunggu kiriman barang. Kegiatan jual beli seperti itu kadang dimanfaatkan para penjahat dengan melakukan kegiatan jual beli palsu. Mereka seolah-olah menjual produk terkenal dengan harga sangat murah. Setelah dipilih dan dibayar oleh konsumen, ternyata barang tidak pernah datang. Untuk itu, kamu perlu berhati-hati dalam jual beli lewat dunia maya. Yakinkan bahwa penjual atau pembeli yang kamu temui bukan penjahat.

Kriminalitas lain dalam dunia maya adalah terjadinya perj*d*an. P*rjud*an melalui dunia maya pelakunya sulit ditangkap, karena mereka biasanya tidak menunjukkan identitas aslinya. Namun demikian bukan berarti p*rjud*an di internet tidak dapat diberantas. Dengan kemajuan teknologi, siapapun yang masuk dalam jaringan internet dapat ditelusuri oleh kepolisian.

Penipuan melalui internet juga marak terjadi pada masyarakat. Jejaring sosial yang tersedia pada laman internet sering digunakan untuk berkenalan dan berkomunikasi antar masyarakat. Namun laman tersebut juga berpotensi sebagai ajang negative seperti penipuan. Kamu perlu hati-hati berkenalan dalam jejaring sosial, agar tidak dapat tertipu oleh penjahat

3. Keamanan dan Perpecahan


Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah mempermudah interaksi antar masyarakat Indonesia. Suatu peristiwa yang terjadi pada suatu tempat dengan cepat dapat menyebar beritanya ke berbagai lokasi dan menjadi viral. Sebagai contoh peristiwa perkelahian antar masyarakat, sangat mudah berkembang menjadi perkelahian antar kelompok, bahkan antar etnis. Perkelahian yang sebenarnya disebabkan oleh masalah yang sepele, kemudian bisa saja diberitakan dengan dibumbui cerita yang tidak benar. Akhirnya masyarakat terpancing emosinya dan pecah perkelahian antar kelompok. Kamu harus selalu hati-hati menerima kabar melalui telepon maupun internet. Kamu harus selalu bijak dalam melihat suatu permasalahan dan jangan mudah terpancing oleh informasi yang tidak jelas sumber serta kebenarannya dan selalu pantau kebenaran informasi tersebut terutama informasi dari internet via media sosial.


Menanggapi hal-hal negatif yang ditimbulkan oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi seperti internet utamanya, kita harus bijak dalam menggunakannya dan jangan menggunakan sarana teknologi diatas untuk berbuat kejahatan entah itu menipu atau mencemarkan nama baik karena di dunia maya juga sudah diatur hukumnya.