Alasan-Alasan Burung Berkicau

Hallo agan…saat pagi hari kita biasa mendengar kicauan atau nyanyian burung yang bersahut-sahutan indah jika didengar oleh telinga. Nah ngomong-ngomong soal nyanyian burung, tahukah agan alasan mengapa burung-burung berkicau? Nah untuk mengetahui mengapa mereka berkicau simak artikel dibawah ini?

Mengapa Burung Berkicau? Ini Jawabannya
burung yang senang berkicau

Bagaimana burung belajar berkicau?

Seekor burung berkicau untuk menarik pasangan lainnya dan Seekor burung muda kelakuannya hampir sama dengan bayi manusia. Mereka pertama-tama mendengarkan burung lain (orang tua burung mereka)  berkicau yang Kemudian mereka menyimpan lagu-lagu ini dalam memori otak mereka. Kemudian secara perlahan-lahan mereka mulai mengoceh sendiri sedikit demi sedikit. Pertama-tama burung-burung muda  itu akan mengoceh huruf tunggal seperti a dan b (disebut sub lagu). Maka mereka akan membentuk suku kata untuk membentuk lagu (disebut lagu plastik).

Kapan burung belajar berkicau?

Burung memiliki periode sensitif (sekitar 15 -50 hari) ketika  mereka memiliki kemampuan untuk belajar lagu-lagu dari orang tua mereka. Burung-burung muda itu mendengarkan burung lain menyanyi dan meniru suara mereka.

Hal ini sangat penting bagi burung untuk mendengarkan diri mereka berkicau, karena mereka kemudian dapat memodifikasi dan membuat perubahan pada lagu yang dinyanyikan oleh burung lain untuk membuatnya lebih sesuai dengan keinginan mereka sendiri. Burung-burung  itu akhirnya menghasilkan lagu yang unik  hasil karya mereka sendiri (lagu stereotype).

Burung tidak memiliki pita suara seperti manusia. Mereka memiliki organ yang disebut syrinx (tabung) yang terletak di bawah trakea. Syrinx menerobos masuk ke dalam dua cabang dan memasuki paru-paru. Dua belas otot mengatur syrinx yang bergetar dan menghasilkan berbagai suara vokal dari burung yang berbeda-beda.

Tahukah Agan:

Tidak peduli berapa banyak Agan mencoba, Agan tidak pernah bisa membuat burung  berhenti  belajar kicauan dari spesies sendiri .
Burung menggunakan udara yang mereka hirup untuk menghasilkan lagu-lagu.
Putih mahkota burung tidak pernah salinan lagu burung lain.
Burung pekicau hanya belajar berkicau dari ayahnya.

Jika burung tidak mengkicaukan lagu yang menarik, itu tidak akan membuat teman-temannya senang.