Penyebab Bayi Kembar

Hallo Agan…Kali ini saya akan membuat postingan tentang kembar, nah ngomong-ngomong soal kembar pasti agan identik persamaan nah contoh kasus kembar yang terjadi bisa kita lihat pada upin dan pin serta yang dari indonesia ada Nakula dan Sadewa. Nah sekarang pernahkan agan terbayangkan mengapa kita tidak terlahir dengan memiliki kembaran? Kan asik jika kita memiliki teman yang selalu bersama kita, dan mengapa ada orang yang kembar dan tidak? Untuk mengetahui jawabannya lets cekidot!

anak kembar.jpg
contoh anak kembar
Pada umumnya seorang perempuan mengeluarkan satu sel telur setiap bulan nya. Namun pada beberapa kasus, perempuan dapat mengeluarkan lebih dari sel telur dalam satu bulan. Jika setiap sel telur yang dikeluarkan tersebut dapat dibuahi dengan baik oleh benih, maka setiap sel telur akan berkembang menjadi embrio.

Setelah terjadi pembuahan, masing-masing zigot akan mengalami pembelahan, kemudian hidup di dua kantung ketuban yang berbeda. Meskipun demikian, janin memiliki plasenta dan tali pusat sendiri-sendiri. Kembar ini disebut dengan kembar dizigot. Kembar dizigot biasanya tidak memiliki wajah mirip, tampak seperti kakak-adik seumur saja, jenis kelaminnya dapat sama atau berbeda.

Berbeda halnya jika bayi kembar berasal dari satu sel telur dan satu benih. Kembar ini terjadi jika setelah terjadi proses fertilisasi, zigot mengalami pembelahan, sehingga terbentuklah dua atau bisa juga lebih dari dua embrio. Embrio tersebut tumbuh dan berkembang dengan satu kantung plasenta.

Seperti kembar dizigot, embrio ini memiliki kantung ketuban dan tali pusat sendiri-sendiri. Kembar ini disebut kembar monozigot. Kembar monozigot atau dikenal dengan kembar identik biasanya berjenis kelamin sama, memiliki wajah yang sulit dibedakan dan mengandung materi ge netik sama. Selain itu, ada juga yang disebut dengan bayi kembar siam, yaitu keadaan dua bayi kembar dilahirkan dalam keadaan bagian tubuh tertentu yang menyatu. Bayi kembar siam termasuk dalam jenis kembar monozigot.

Kembar siam bermula ketika sel telur yang telah dibuahi oleh benih mengalami pembelahan, namun pembelahan tersebut tidak sempurna. Terjadinya pelekatan pada bayi kembar siam dikarenakan adanya sel bakal organ yang tidak membelah sempurna. Pembelahan yang tidak sempurna tersebut dapat terjadi pada organ bagian ectoderm (kulit, hidung, telinga), mesoderm (otot, tulang, saraf), atau endoderm (jantung, paru-paru, hati, otak). Kebanyakan kembar dempet terjadi pada bagian dada, perut, kepala, dan panggul.

Nah sudah tau kan mengapa kembar terjadi? dan semoga artikelnya bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel