Cara dan Tips Mengambil Gambar Foto Yang Baik

Hallo Agan...Tips - Cara Mengambil foto Baik

Apakah Agan pernah mengambil mengambil gambar dengan kamera entah itu, kamera smartphone atau digital berkali-kali tetapi tidak pernah puas dengan hasil fotonya? Dan kemudian agan Bertanya-tanya bagaimana hasil foto saya menjadi bagus seperti foto-foto photographer profesional? Nah kali ini saya ingin berbagi dengan Agan semua bagaimana caranya untuk mengambil gambar yang bagus, bahkan hanya menggunakan kamera smartphone atau kamera digital sederhana. Baca juga: Pengaruh fotografi dalam kehidupan masyarakat



Pertama-tama agan harus terlebih dahulu selalu ingat bahwa kamera smartphone dan kamera digital sederhana hanya sebuah alat untuk mengekspresikan imajinasi tak terbatas agan. Mengambil gambar yang bagus tidak tergantung pada harga kamera Agan. Hal ini tergantung pada bagaimana Agan menggunakan kameranya, seperti kata pepatah “alat tak sebaik penggunanya”. Coba bayangkan bahwa Agan sekarang ini memiliki kamera berteknologi tinggi dan Agan tidak punya ide sama sekali bagaimana menggunakannya, jadi percumakan punya kamera mahal-mahal tapi tidak pernah terpakai dan hanya sebagai pajangan saja dan kalaupun terpakai tapi tidak dapat memaksimalkannya kan sama saja hasilnya tetap buruk. 

Jadi hanya mulai dengan kamera smartphone dan kamera digital sederhana kemudian mempelajari teknik pemula sebelum menggunakan kamera yang lebih mahal dan memiliki spesifikasi tinggi.

Berikut adalah beberapa tips saya bagaimana untuk mengambil gambar yang bagus:

Tips mengambil gambar

Tips Foto 1. Agan Harus Memahami bagaimana kamera digital  bekerja

Baca buku petunjuk lagi jika Agan tidak mengerti bagaimana untuk mengubah pengaturan. saya merasa sangat berguna jika saya tahu benar bagaimana menggunakan kamera saya sendiri. Hal ini memungkinkan saya untuk mengambil gambar seperti imajinasi saya. Pengaturan yang paling dasar, yang Agan perlu pahami, adalah kecepatan rana, aperture, kecepatan ISO, dan white balance. Pengaturan lain bisa agan gunakan untuk mengekspresikan imajinasi Agan yang lebih beragam.
Baca juga: Pengertian keseimbangan dalam dunia fotografi

Tips foto 2. Mengambil gambar sebanyak yang Anda bisa dan secara lebih aktif

Belilah sendiri satu atau dua kartu memori baru. Karena dengan kartu-kartu memori tambahan, Agan akan memiliki kebebasan untuk mengambil gambar lebih dari sekali untuk setiap objek yang Agan lihat. Dan mencoba untuk menjadi lebih kreatif, cobalah untuk memperbesar atau memperkecil tampilan sedikit, mengubah sudut, menempatkan objek dalam posisi yang berbeda, mengubah pengaturan kamera, seperti shutter speed, aperture, ISO, white balance, membuat banyak percobaan dengan kamera agan sendiri. Ingat, praktekolah yang membuat sempurna, selalu cari cara yang efektif untuk mengasah keterampilan fotografi Agan.

Tips foto digital 3. Gabung forum fotografi atau berdiskusi dengan teman yang juga memiliki hobi yang menarik ini

 Saya pribadi ingin berbagi pengetahuan saya tentang fotografi dengan teman-teman dan mendapatkan  saya merasa senag jika saya bisa membantu mereka. Memposting beberapa foto baru Agan dan biarkan mereka meninjau gambar Agan. Ambil saran dan kritik mereka, karena Agan pasti akan belajar banyak dari mereka.

Tips foto digital 4 Cobalah untuk membuat gaya Anda sendiri

 Menyalin gaya lain adalah bukan ide yang baik. Gaya membuat satu fotografer yang berbeda dengan fotografer lainnya. Jadilah dirimu sendiri dan biarkan imajinasi Anda mengalir. Orang akan lebih menghargai ide-ide asli Anda hanya menyalin ide-ide lain.

Teknik-teknik mengambil gambar

Seorang Fotogarfer harus tahu  dengan teknik memotret.
ada berberapa contoh untuk Mengetahui dan mempelajari cara memotret dengan baik.

1.komposisi : Mulailah Memperhatikan komposisi Dalam Memotret.Foto Yang Dihasilkan Dengan Mengatur Komposisi Tentu Hasilmya Lebih Menarik (eye Catching).Dibandingkan dengan Foto Yang Di Ambilkan tanpa memperhatikan Komposisi.

2.Pencahayaan: Di Dalam Fotografi,Pengaturan Pencahayaan,Merupakan salah satu Kunci utama Keberhasilan u ntuk Mendapatkan hasil gambar yang diinginkan.Tanpa Adanya Cahaya,Foto Yang Di Hasilkan Pasti Tidak Baik.

3.Angle: Sudut Pengambilan Gambar Saat Memotret objek.Penetuan Sudut Pengambilan Gambar Ini Fotograferlah Yang Harus Mengatur.artinya,si fotografer Harus Bisa Menentukan Dari Sudut Mana Objek Sebaiknya Di ambil/di Potret.

4.Latar Belakang(BackGround): Pemilihan latar belakang Saat Memotret Orang tentu harus difikirkan, Agar Hasil Yang Di Hasilkan Akan Menarik Dan Sangat Bagus.

Hal-hal yang harus diperhatikan untuk mendapatkan hasil gambar yang maksimal

Pencahayaan

Terlepas dari kemampuan blitz, pencahayaan alami hampir selalu menjadi pilihan terbaik. Jika Agan berada di dalam ruangan, nyalakan lampu dan bereksperimenlah. Pengaturan blitz juga dapat digunakan di luar ruangan. Hindari mengambil gambar ke arah sumber cahaya karena subyek Anda dapat terlihat seperti siluet gelap.

Sudut pengambilan gambar

Kelebihan dari fotografi digital adalah Agan dapat mengambil banyak gambar untuk berlatih, dan gratis. Bereksperimenlah dengan berbagai sudut pengambilan gambar yang berbeda – dari bawah menghadap ke atas, dari atas menghadap ke bawah, dan seterusnya.

Mendekatlah

Masuk akal untuk mengambil gambar sedekat mungkin daripada Agan crop nantinya. Ketika Agan mengcrop gambar Agan, hasilnya adalah resolusi yang lebih rendah dari sebelumnya dan gambarnya akan terlihat tidak jelas dan berkualitas rendah. crop hendaknya digunakan ketika Anda ingin merapikan gambar agan dan bukan digunakan sebagai zoom.

Kurangi keburaman

Kebanyakan gambar buram yang diambil oleh kamera ponsel dan digital disebabkan oleh dua hal: pencahayaan rendah dan gerakan. Semakin rendah pencahayaannya, semakin lama lensa otomatisnya terbuka, sehingga itu mengambil gerakan sekecil apa pun. Sangatlah sulit untuk tetap diam cukup lama untuk menghilangkan efek buram ini. Solusinya adalah menambah pencahayaan atau meletakkan ponsel Anda pada permukaan yang stabil ketika mengambil gambar.

Manfaatkan kemampuan kamera Agan dengan maksimal

Periksalah pengaturan kamera Anda untuk memastikan Anda mengambil gambar dengan resolusi terbaik yang mampu diambil oleh ponsel Anda. Pengaturan standarnya tidak selalu dengan resolusi terbaik itu. (Anda dapat memilih untuk tidak melakukan ini jika ponsel Anda tidak punya banyak memori tersedia.)

Dapatkan aplikasi kamera

Khusu untuk kamera smartphon/ponsel. tergantung pada jenis ponsel Agan, ada banyak aplikasi gratis atau murah yang tersedia yang akan mengubah ponsel Agan menjadi sebuah studio foto mini yang lengkap dan menarik. Hal-hal yang dapat dilakukan aplikasi-aplikasi foto ini sangat luar biasa dan terus berkembang contohnya camera 360.

Putar ponsel Agan ke samping

Khusus kamera smartphon/ponsel. jangan lupa gan, agan bisa lo  memutar ponsel Aganke samping untuk mengambil gambar dengan orientasi landscape (posisi mendatar). Seringkali ini akan memberikan komposisi gambar yang lebih baik daripada yang potrait.

Demikian artikel Cara dan Tips Mengambil Gambar Foto Yang Baik semoga bisa bermanfaat bagi agan sekalian.