Sejarah Kipas Angin dan Perkembangannya

Hallo Agan...Apa yang Agan lakukan jika hari siang yang terik dan terasa panas serta tubuh agan terasa gerah terbakar cinta(bangke)? Mungkin jawaban agan bisa bermacam-macam ada yang minum es bakar, metik kelapa muda,mencari pohon untuk berteduh,buka baju (khusus laki-laki), berengang di empang, menghidupkan AC dan menyalakan kipas angin.

Nah ngomong-ngomong soal kipas angin, kipas angin adalah alat yang dapat menghasilkan angin yang biasanya dimanfaatkan untuk pendingn udara disaat panas, penyegar udara dan pengering. Kipas angin umumnya ada 2 jenis yaitu kipas angin tangan yang berbentuk setengah lingkaran dan kipas angin listrik yang menggunakan energi listrik untuk menggerakkan baling-baling kipas.



Sejarah Kipas Angin dan Perkembangannya

Apakah agan tau  sejarah  kipas angin? mungkin terdengar tidak penting mengetahui sejarah kipas angin tapi buat tambah-tambah ilmu ya gak papa lah yang penting bermanfaat walaupun sedikit.


Kipas Angin telah ditemukan beribu tahun silam dan telah digunakan oleh beberapa negara (tidak termasuk negara api) didunia seperti bangsa Mesir, Yunani, Roma, dan China Pada masa itu kipas angin memiliki berbagai macam dan fungsi. Kipas Angin pertama ditemukan sekitar 4000 tahun silam pada sebuah makam raja di Mesir yaitu Raja Tutankhamen yang digali pada tahun 1922.


Fungsi dari kipas angin yang ditemukan di Mesir pada masa itu sebagai alat upacara keagamaan, sehingga sebuah kipas angin merupakan benda yang sakral. Kipas angin juga merupakan lambang kekuatan raja (bukan raja api). Ada dua buah kipas angin yang ditemukan di makan raja. Salah satu kipas angin tersebut gagangnya dilapisi oleh emas dan terbuat dari bulu burung unta, sedangkan yang satu lagi dilapisi eboni dengan emas dan batu-batu berharga.


Perkembangan kipas angin dimulai pada abad ke-15 di Eropa, tepatnya di Italia. Saat itu, kegunaan dari kipas adalah sebagai produk perdagangan yang memiliki nilai seni tinggi. Kipas angin disimbolkan sebagai kemakmuran dan kelas sosial seseorang. Mungkin karena kemewahannya itu ya. Pada abad ke-16 hingga abad ke-18, kipas angin mengalami perubahan fungsi menjadi produk fashion dan sangat popular saat itu. Kemudian pada abad ke 20 kipas angin sudah tidak lagi sebagai sebuah produk fashion namun menjadi alat periklanan. Sedangkan di Spanyol, kipas angin menjadi alat untuk mendinginkan udara karena Spanyol memiliki iklim yang panas.


Pada tahun 1860-an masyarakat mulai mengenal kipas angin yang berbentuk kipas angin atap. Kipas angin elektrik baru dikenal oleh masyarakat pada tahun 1880-an. Kemudian kipas angin listrik pertama kali diperkenalkan oleh Schuyler Skaats Wheeler pada tahun 1882.


Wheeler membuat kipas angin listrik pertamanya dengan dua buah baling-baling yang digerakkan oleh sebuah motor bertenaga listrik. Selanjutnya, kipas angin dikembangkan dan dipatenkan hak ciptanya oleh ilmuwan bernama Philip H. Diehl pada tahun 1887. Diehl memperkenalkan kipas angin yang menempel pada langit-langit rumah. Ide ini kemudian menjadi dasar penemuan kipas angin yang dapat bergerak ke sana-kemari. Perkembangan kipas angin terus berlanjut hingga menjadi model yang banyak kita temui saat ini.



Sekian dari ane gan tentang sejarah kipas angi dan perkembangnya walaupun mungkin kurang penting tetapi semoga saja berguna bagi agan untuk menambaH wawasan ilmu pengetahuan. YA-HA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel