Kelebihan Buku Dibanding Gadget

Hallo Agan...Agan tau kan benda yang namanya buku? Kalo gk tau definisi buku ni saya kasih tau, Buku adalah kumpulan kertas atau bahan lainnya yang dijilid menjadi satu pada salah satu ujungnya dan berisi tulisan atau gambar. Setiap sisi dari sebuah lembaran kertas pada buku disebut sebuah halaman.

Kelebihan Buku Dibanding Gadget


Nah ngomong-ngomong soal buku, Pasti Agan sekalian lebih sering bermain dengan Gadget seperti smartphone, Laptop dan koputer dibandingkan dengan membaca buku. Hal ini tidak mengherankan karena Gadget memang jauh lebih menarik dibandingkan dengan buku, karena dengan gadged pun kita bisa membaca berbagai macam buku yang biasanya kita sebut dengan ebook, kita tinggal mendownloadnya secara gratis maupun berbayar dengan biaya lebih murah dibandingkan dengan membeli buku secara langsung.

Tetapi buku juga tentunya memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan dengan gadged, apa saja kelebihannya? Simak dibawah ini!

1. Dengan buku mata jauh lebih sehat

Banyak yang mengatakan bahwa terlalu sering menggunakan Gadget terutama smartphone, tablet dan laptop dapat membuat mata menjadi rusak serta menurunkan daya penglihatan karena cahaya serta radiasi yang dihasilkan dari smartphone tersebut. Dan tentunya radiasi dan cahaya yang berlebihan tidak terdapat dalam buku dan inilah yang membuat membaca buku langsung jauh lebih sehat dibandingkan membaca ebook dari smartphone.

2. Dibuku tidak ada notifikasi yang mengganggu

Saat kita sedang shalat atau menonton bioskop tiba-tiba suara gadget terutama smartphone berbunyi karena adanya notifikasi, tentunya hal tersebut sangat menggangu kekusyukan beribadah dan kasyikan menonton film di bioskop padahal notifikasi tersebut hanya notifikasi tidak penting yang berisi ajakan untuk bermain gets rich atau notifikasi dari clash of clans yang berbunyi desa agan sedang diserang orang lain dan agan harus segera memulihkannya. Lain halnya dengan buku, buku tidak akan mengeluarkan notifikasi tidak penting yang mengganggu kenyamanan kita dan tentunya memberikan kesan tentram dan tenang serta tidak mengganggu.

3. Dengan buku kita dapat sejenak melupakan gadget

Sadar atau tidak , dari bangun tidur sampe tidur lagi mata dan tangan kita tidak pernah jauh dari yng namanya gadget terutama smartphone. Apa jadinya kalo hobi membaca kita disalurin lewat e-book? Kita akan jadi apatis dan makin tidak peduli dengan keadaan di sekitar kita. Oleh karena itu, dengan adanya buku, kebiasaan kita dengan gadget akan berkurang. Kita akan menikmati bagaimana rasanya hidup tanpa gadget walaupun cuma sejenak dan lebih menghargai yang namanya hidup.

4.  Kita bisa merasakan serunya berada di toko buku

Pernahkah agan pergi ke toko buku? atau paling tidak melihat jejeran buku yang dipajang di sana? kemudian kita asik melihat cover-cover buku yang beragam yang bisa membuat kita tertarik untuk membacanya sekilas terus membeli bukunya. Belum lagi banyaknya buku lama yang dijual terbatas dan kadang harus rebutan dengan calon pembeli lainnya. Atau iseng-iseng ngebaca beberapa halaman setiap buku sebelum dimarahin sama penjaga toko. Itulah beberapa keseruan pas berada di toko buku dan tidak bisa dirasain sama orang yang membaca buku cuma lewat dari halaman yang di-slide dan ngeliat review dari layar gadget.

5.  Buku membuat ruangan jauh lebih bagus dan keren

Ruangan yang memiliki rak buku yang berjajar dengan rapi dengan beragam warna tentunya akan memberika nilai plus tersediri bagi ruangan tersebut dan akan memberikan kesan indah dan keren serta dapat mencerminkan karakter seseorang tentunya akan sebaliknya jika buku-buku tersebut tidak rapi dan amburadul (bukan amberegul).

6. Buku tidak memerlukan banyak  tenaga

Tidak seperti gadged yang membuthkan tenaga listrik dari baterai untuk bisa digunakan, buku hanya perlu dibuka dengan sebagian kecil tenaga manusia agar bisa menggunakannya sebagi sumber ilmu untuk dibaca.

7. Dengan buku kita bisa terlihat lebih tampan dan berani


Jika ada orang yang suka membaca buku akan jauh lebih menarik dan keren. Apalagi jika dibandingin dengan orang yang cuman mandangin gadgetnya doang. Katanya dengan memegang buku, kita akan tau karakter orang lewat judul bacaan yang dia bawa. Terlebih ia adalah orang yang selalu ingin tahu dan mencari sesuatu lewat sebuah buku. Wah jadi makin banyak yang naksir deh karena kita bertambah ketampanannya 100%.

Sekian dari ane gan semoga bisa diambil hikmahnya dan saya tidak lupa mengingatkan untuk selalu shalat 5 waktu dan menghirup oksigen. Sampai jumpa lagi YA-HA.