Cara Efektif Menghemat Air

Hallo Agan...Air adalah komponen terpenting dalam kehidupan kehidupan. Setiap makhluk hidup pasti membutuhkan air karena itulah sekarang air mulai menjadi langka karena sumbernya mulai tercemar akibat aktivitas manusia.

Manusia melakukan banyak usaha agar dapat mendapatkan air bersih contohnya dengan cara menghematnya. Bagaiman cara menghemat air? simak dibawah ini!

Cara Efektif Menghemat Air


1. Hematlah air keran

Siap yang sering lupa mematikan kran hayo?  Matikan keran saat Agan menggosok gigi, bercukur, mencuci tangan, mencuci piring dan sebagainya. Juga matikan keran saat Agan  mandi. Basahi tubuh Agan, lalu matikan air saat Agan memakai sabun (jangan nyabun). Nyalakan lagi secukupnya untuk membilas. Gunakan katup puntir yang ada di sisi belakang pancuran mandi untuk menjaga agar suhu air tetap sama sementara Agan mematikan airnya.

2. Periksa kebocoran air

Periksa kebocoran pipa di rumah agan walaupaun hanya setetes karena jika agan membiarkannya lama-lama rumah agan bisa banjir.

3. Pasang pancuran yang hemat air

Perangkat yang hanya membutuhkan sedikit aliran air ini tidaklah mahal (100 hingga 200 ribu rupiah untuk pancuran mandi dan di bawah 50 ribu rupiah untuk aerator keran). Memasangnya juga mudah, cukup dengan memutarnya masuk hingga terpasang dengan baik (mungkin Agan membutuhkan kunci Inggris), dan produk masa kini yang baik dapat menjaga agar tekanan dan aliran air tetap terasa seperti seharusnya dengan hanya memanfaatkan separuh dari jumlah air yang diperlukan oleh pancuran mandi atau keran biasa.

4. Gunakan air bekas untuk mengairi kebun

Jika memungkinkan, pasanglah selang pada pipa pembuangan mesin cuci Agan agar airnya mengalir langsung ke kebun. Untuk memanfaatkan air bekas mandi berendam, gunakan Pompa Sifon yang dioperasikan dengan tangan. Saat mencuci piring dengan tangan, bilaslah piringnya di dalam sebuah bak kemudian buanglah airnya ke kebun atau untuk menyiram tanaman.


5. Ubah kloset agar menyiramkan air lebih sedikit

Masukkan botol plastik berisi air ke dalam tangki kloset untuk menggantikan sebagian volume air yang diperlukan untuk menyiram. Jika perlu, masukkan pemberat ke dalam botol berupa pasir atau kerikil. Pilihan lain adalah meminta peralatan penghemat air kloset pada badan pengelola air di sekitar Agan.

6. Kurangi frekuensi mencuci pakaian

Janganlah mencuci pakaian terlalu sering. Agan dan keluarga harus menghasilkan pakaian kotor lebih sedikit, yang juga berarti akan menghemat waktu dan memperpanjang keawetan kain pakaian Agan. Pakaian belum perlu dicuci kecuali sangat kotor atau berbau.

Gantung dan keringkan handuk pada rak setelah Agan mandi. Gunakan berkali-kali sebelum mencucinya lagi. Akan sangat membantu jika setiap anggota keluarga memiliki handuk masing-masing. Jika perlu gunakan warna-warni untuk membedakan.

7.  Buat sumur sendiri jika memungkinkan

Buatlah sumur sendiri agar air yangagan gunkan tidak memakan nyak biaya daripada menggunakan air dari PDAM.

Demikian dari saya tentang cara efektif menghemat air.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel