Sejarah Pembuatan Kertas dan Perkembangannya

Hallo Agan...Agan pernah main tau buat origami seperi pesawat terbang, perahu-perahuan, burung dan origami lainnya? Apa bahan dasar yang kita perlukan untuk membuat origami yang beraneka bentuk tersebut? Tentunya kita membutuhkan bahan dasar kertas, entah kertas koran, buku dan majalah, dan sekarang bagaimana sejarah ditemukannya kertas?
Baca juga sejarah buku dan perkembangannya 

Kertas adalah bahan yang tipis dan rata, yang dihasilkan dengan kompresi serat yang berasal dari pulp. Serat yang digunakan biasanya adalah alami, dan mengandung selulosa dan hemiselulosa.
Mengenal Kertas

Kertas dikenal sebagai media utama untuk menulis, mencetak serta melukis dan banyak kegunaan lain yang dapat dilakukan dengan kertas misalnya kertas pembersih (tissue) yang digunakan untuk hidangan, kebersihan ataupun toilet.
Kertas pertama kali dibuat pada sekitar 2000 tahun yag lalu di Cina, oleh seseorang yang bernama Ts'ai Lun. Sebagai bahannya dia mengambil kulit pohon mulberi yang berserat dan merendamnya di dalam air sampai bahan itu menjadi benang-benang kaku.
Dia kemudian meratakan bahan yang telah menyerupai bubur itu pada anyaman bambu halus yang berbingkai dan berbentuk seperti baki. Setelah airnya mengering maka nantinya yang tinggal adalah benang-benang yang menempel pada anyaman bambu tadi. Hasilnya adalah permukaaan datar dan berserat yang dianggap sebagai kertas pertama dalam sejarah.
Seiring berjalannya waktu dan berbagai penemuan yang muncul kemudian, perbaikan kualitas kertas lambat laun terjadi. Slah satu wujudnya adalah pengolesan kanji pada permukaan kertas.
Rahasia pembuatan kertas dapat tersebar dengan cepat ke seluruh penjuru dunia karena perjalanan dagang oleh para saudagar Cina ke Rusia dan Timur Tengah.Dari sana, seni pembuatan kertas segera menyebar luas ke eropa
Kertas mulai diproduksi dalam jumlah besar setelah terjadi penemuan yang revolusioner yaitu mesin pembuat kertas.
Pada tahun 1799, seorang Prancis bernama Nicholas Louis Robert menemukan proses untuk membuat lembaran-lembaran kertas dalam satu wire screen yang bergerak, dengan melalui perbaikan-perbaikan alat ini kini dikenal sebagai mesin Fourdrinier.
Penemuan mesin silinder oleh John Dickison pada tahun 1809 telah menyebabkan meningkatnya penggunaan mesin Fourdrinier dalam pembuatan kertas-kertas tipis. Tahun 1826, steam cylinder untuk pertama kalinya digunakan dalam pengeringan dan pada tahun 1927 Amerika Serikat mulai menggunakan mesin Fourdrinier.
Peningkatan produksi oleh mesin Fourdrinier dan mesin silinder telah menyebabkan meningkatnya kebutuhan bahan baku kain bekas yang makin lama makin berkurang. Tahun 1814, Friedrich Gottlob Keller menemukan proses mekanik pembuatan pulp dari kayu, tapi kualitas kertas yang dihasilkan masih rendah. Baca sejarah payung dan perkembangannya
Sekitar tahun 1853-1854, Charles Watt dan Hugh Burgess mengembangkan pembuatan kertas dengan menggunakan proses soda. Tahun 1857, seorang kimiawan dari Amerika bernama Benjamin Chew Tilghman mendapatkan British Patent untuk proses sulfit. Pulp yang dihasilkan dari proses sulfit ini bagus dan siap diputihkan. Proses kraft dihasilkan dari eksperimen dasar oleh Carl Dahl pada tahun 1884 di Danzig. Proses ini biasa disebut proses sulfat, karena Na2SO4 digunakan sebagai make-up kimia untuk sisa larutan pemasak.