10 Tips Efektif Agar Fokus di Kelas

Fokus di sekolah sangat penting bagi siswa karena jika siswa tidak fokus tentunya pelajaran yang sudah diberikan oleh guru tidak diserap dengan baik oleh siswa, hal ini sangat sering terjadi dan berikut ini adalah tips atau cara agar siswa fokus di kelas dan dapat menyerap serta memahami materi pelajaran yang diberikan oleh Guru.


 1. Tidur yang cukup

Kita setidaknya harus tidur delapan sampai sembilan jam karena kita sangat membutuhkannya untuk memulihkan tenaga serta memperbaiki sistem metabolisme tubuh. Jadi, pergi tidur pada waktu yang teratur dan diikuti bangun pagi yang rutin adalah suatu keharusan. Otak akan bekerja dengan benar atau lebih efisien jika mendapat cukup waktu istirahat karena bukan hanya tubuh yang perlu istirahat pikiran juga perlu istirahat agar tidak stress.

2 Gizi seimbang

Gizi seimbang adalah strategi yang tepat untuk menyeimbangkan hidup kita dan fungsi tubuh. Pemenuhan gizi yang tepat adalah dengan sarapan yang sehat 4 sehat 5 sempurna. Sarapan yang sehat tentu akan berdampak baik bagi siswa agar fokus di kelas. Sarapan yang baik dapat dimulai dengan irisan roti, mentega, selai buah dengan secangkir teh atau susu dan makanan lain yang tentunya bergizi tinggi. Setelah sarapan siswa tentunya lebih fokus dikelas karena tidak memikirkan jajanan di kantin sekolah.

3. konsentrasi di kelas

Konsentrasi dikelas sangat penting bagi siswa, agar siswa berkosentrasi, siswa dapat mengembangkannya dengan memperhatikan guru saat guru megajar dan tidak terpengaruh saat teman mengajak mengobrol atau bermain atau hal-hal lainnya  yang menggagangu guru dan siswa lain saat berlangsungnya pembelajaran.

 4. Usahakan duduk di depan

Banyak siswa yang tidak berani duduk di depan dengan alasan takut ditunjuk guru untuk mengerjakan soal di papan tulis dan ini sangat true story dikalangan siswa-siswi sekolah dari SD, SMP sampai SMA, padahal duduk di depan dapat membuat siswa lebih fokus dalam memperhatikan pelajaran yang sedang diterangkan guru.

5. Jadilah lebih tertarik Kelas

Cukup dengan menjadi lebih penuh perhatian dan catat apapun yang penting walaupun tidak disuruh saat guru mengajarkan materi pelajaran maka secara otomatis siswa dapat lebih fokus hal ini memberikan banyak keuntungan bagi diri sendiri karena sudah memiliki catatan pribadi.

 6. Jadilah lebih aktif di kelas

Sesungguhnya, dengan berpartisipasi dalam semua kegiatan yang dilakukan di dalamnya, Antusiasme kita dalam meminta hal-hal yang kita tidak mengerti benar-benar akan membuat kita lebih dirasakan, dengan rincian lebih solid mengatakan subyek atau topik. Hal ini juga akan meningkatkan reputasi kita di antara teman-teman dan guru menjadi lebih baik karena dipandang lebih unggul. Baca juga 5 cara agar anak suka belajar

Update dan Tambahan

7. Melakukan olahraga pagi


kita sangat membutuhkan yang namanya olahraga, karena dapat memperkuat tubuh bahkan jiwa serta mencegah penyakit yang akan menyerang diri kita. Dengan olahraga, kita juga dapat berfikir lebih positif agar dapat menghadapi masalah dalam hidup kita. olahraga pun dapat membuat kita berfikir lebih tajam 4-10 jam setelah berolahraga. oleh karena itu,sangat penting melakukan lari pagi (jogging) atau pun senam bersama teman-teman.

8. Hilangkan kebiasaan malas

Malas adalah rasa dari dalam diri kita atau mungkin bisa kita sebut dengan penyakit untuk menunda suatu tindakan atau rasa enggan melakukan tindakan. Ketika malas tiba kita harus berani melawannya. Selain itu pikiran kita harus terfokus pada satu tindakan. Biasanya malas yg timbul di tengah-tengah tindakan dikarenakan pikiran kita melayang ke mana-mana bukan IYKWIM Gan. Yang akhirnya malah memunculkan rasa malas. Pokoknya kuncinya adalah nekat dan berani meninggalkan kemalasan lalu mengerjakan sesuatu yg berguna itulah yang bisa disebut dengan greget. Makanya jika kita tetap memelihara kebiasan malas, ini dapat menganggu kita dalam belajar dikelas sehingga kurang fokus menerima pelajaran

9. Ajukan pertanyaan

Pastikan Agan selalu mengerjakan tugas yang diberikan oleh Guru. Kemudian, siapkan daftar pertanyaan untuk Guru saat di sekolah. Hal ini akan membantu Agan untuk tetap menaruh perhatian terhadap materi yang sedang diajarkan. Jika memang tidak ada pertanyaan, jaga kontak mata dengan Guru tapi kontak matanya jangan berlebihan Gan, entar kesambet gan, itu kiranya cukup sebagai bentuk interaksi dengan Guru.

10. Bergaul dengan Orang yang Rajin Belajar dan terkenal cerdas


Jika Agan mempunyai teman kelas tau teman yang sama kelas nya, coba lah bergaul dengan orang tersebut, jangan bergaul jika ada teman nya saja gan, melainkan jalin lah pertemanan dengan semua teman kelas, karena jika kalian lagi malas belajar pasti ada yang bertanya mengapa tidak belajar, dan malah kalian bakal di ajarin di bagian mana yang kalian tidak mengerti, mungkin untuk di awal orang yang agak lebih rajin dari kalian, karena biasa nya tipe tersebut ada juga yang pelit membagi ilmu nya, kalau begitu, kalian lah cara bagaimana agar orang tersebut membagikan ilmu nya kepada kalian gan, kalo cara ane ada orang yang pelit begitu langsung kepret aja gan.


Tentu setelah mempraktekan tips diatas kita pasti akan lebih fokus bahkan lebih cerdas dan unggul diantara teman-teman yang yang lain.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel